(Adv) Traveloka, Tinggal Klik-klik Saja

Masih inget jaman kuliah dulu waktu kakak saya ngajakin jalan-jalan ke luar negeri pertama kalinya, dia sibuk compare beberapa maskapai untuk mencari harga terbaik. Dia buka beberapa tab untuk masing-masing maskapai, cek di tanggal segini maskapai mana yang lebih murah, lalu lebih baik booking tiket pulang pergi atau mix maskapai, dan yang paling penting adalah harus pura-pura beneran mau beli tiket dengan mengisi data dan klik-klik sampai muncul harga akhir yang sudah termasuk pajak, bagasi dan additional fee lainnya. Biasanya proses ini bakal jadi drama kalau internet di rumah lagi ngambek.

Pernah juga waktu ambil S2 di China, saya datang langsung ke kantor maskapainya di Fuzhou untuk beli tiket pp Fuzhou-Jakarta-Fuzhou. Ketika masih di Jakarta, ada beberapa hal yang harus saya kerjakan dan terpaksa harus reschedule penerbangan kembali ke Fuzhou. Alhasil saya harus melakukan percakapan SLI dengan kantor maskapai untuk ubah jadwal. Kebayang dong yah ribetnya harus telepon langsung dan biaya pulsa yang harus dikeluarkan.

Nah gaya pemesanan tiket jadul seperti ini akhirnya saya tinggalkan setelah saya kenal Traveloka. Di akhir 2014, saya dan teman-teman berencana untuk jalan-jalan bareng ke Bali, dan saya lihat salah satu teman saya yang paling melek IT utak-atik website Traveloka untuk cek jadwal penerbangan dengan tanggal dan harga yang paling sesuai.
Saya: "Emangnya aman pake ini, Mer?"
Merri: "Aman koq, Jo."
Maklum, waktu itu saya belum punya internet banking dan kartu kredit, jadi belum terpapar nikmatnya transaksi online. Haha.. 
Saya: "Itu harganya tambah bagasi lagi jadi berapa?"
Merri: "Oh ini uda harga akhir termasuk bagasi."
Awaw. Boleh juga nih website.

Tahun berikutnya ketika saya mau pergi nemenin kakak yang berdomisili di Singapura dan sedang hamil tua, saya coba-coba booking sendiri pake Traveloka. Eh, ternyata beneran gampang banged navigasinya dan fitur best price finder nya sangat memudahkan untuk mencari penerbangan termurah. Terlebih lagi, harga yang ditampilkan benar-benar harga akhir tanpa jebakan batman. Ada fitur easy reschedule juga yang memudahkan kita mengubah jadwal penerbangan, jadi ga perlu deg degan lagi kalau tetiba ada perubahan rencana. Dan sejak saat itu, saya jadi loyal customer Traveloka.

Pengalaman paling berkesan adalah ketika saya dapat harga terbaik untuk penerbangan pulang pergi ke Hong Kong menggunakan maskapai bergengsi dengan harga 3 jutaan sudah termasuk meals dan luggage. Beberapa bulan setelah issue, ada pameran travel skala besar yang diliput stasiun televisi. Sempet terbesit sedikit penyesalan "tau gitu mending beli pas pameran aja, pasti jauh lebih murah". Seolah semesta sengaja menanggapi pemikiran saya, dalam salah satu liputan televisi, ada seorang pengunjung yang diwawancara. Ternyata dia juga membeli tiket pp ke Hong Kong dengan harga yang cuma selisih seratus ribuan dengan harga yang saya dapatkan. Ha! Saya dalam hati senyum-senyum sendiri. Dengan Traveloka, ga perlu desak-desakan ke pameran, tinggal klik-klik, bisa dapet best price juga. Yihaaa.

Baru-baru ini saya lagi-lagi merasakan kenyamanan menggunakan Traveloka, kali ini melalui fasilitas Traveloka App. Selain dapat potongan harga karena telah memesan melalui ponsel, navigasinya lebih sederhana dari versi website dan tidak perlu print tiket lagi untuk proses check in di bandara. Super duper efisien.

Ketersediaan invoice resmi dari Traveloka untuk tiap transaksi juga menjadi alasan saya merekomendasikan website ini ke rekan-rekan kerja dan atasan saya karena memudahkan proses reimbursement di kantor. Sudah beberapa kali saya diminta untuk pesan tiket melalui Traveloka, terutama ketika kantor travel tidak mampu sesegera mungkin menerbitkan tiket padahal mereka harus terbang keesokan harinya. Pernah suatu kali ada expat dari China yang minta bantuan saya issue tiket untuk temannya dari Kazakstan melalui Traveloka. Saya sempat tanya kenapa beliau ga beli tiket via kantor travel saja seperti biasa. Rupanya kantor travel tersebut tidak menjangkau penerbangan dari dan ke Kazakstan. Beruntung sekali Traveloka meng-cover hampir semua negara, termasuk Kazakstan. Tinggal klik-klik dan isi data, tiket sudah bisa di-issue saat itu juga dan invoice pun terbit. Benar-benar praktis. Ga salah deh pilih Traveloka.

Comments

Popular posts from this blog

Study in Fuzhou - Fujian Normal University

IELTS Writing Task 1

Contoh Soal dan Essay IELTS Writing Task 2

IELTS Writing Task 2

Travel in China : Shanghai 上海 - Hangzhou 杭州

Romantic Doctor, Teacher Kim - Classy Korean Drama

Maling Jemuran

Travel in China : Xi'an 西安 - Huaqing Pool & Terracotta Warriors

Berlatih IELTS Secara Otodidak

Pancoran Membawa Petaka atau Saya yang Sedang Sial...?