IELTS Writing Task 1
IELTS Writing terdiri dari 2 bagian:
1. Task 1, minimal 150 kata
2. Task 2, minimal 250 kata
Waktu yang diberikan untuk mengerjakan IELTS Writing adalah 60 menit, dengan pembagian waktu ideal 20 menit untuk Task 1 dan 40 menit untuk Task 2. Walaupun Writing Task 2 memiliki porsi nilai lebih tinggi dari Task 1, bukan berarti Task 1 kalah penting dari Task 2.
Writing Task 1
Dalam Writing Task 1, peserta ujian diminta untuk menuliskan deskripsi suatu grafik, seperti line graphs, tables, pie charts, bar charts, process diagrams, atau mendeskripsikan 2 charts sekaligus.
Struktur dasar:
~ Paragraf 1 : INTRODUCTION (paraphrasing the question) - 1 kalimat
~ Paragraf 2 : OVERVIEW - 2 kalimat
~ Paragraf 3 & 4 : DETAIL PARAGRAPHS - 6 atau 7 kalimat
1. INTRODUCTION
Paraphrasing means writing something in a different way (using your own words).
Contoh:
Question 1 : The graph below shows the proportion of the population aged 65 and over between 1940 and 2040 in three different countries.
Paraphrase : The line graph compares the percentage of people aged 65 or more in three countries over a period of 100 years.
Question 2 : The table below shows the figures for imprisonment in five countries between 1930 and 1980.
Paraphrase : The bar chart compares the number of people in prison in five different countries over a period of 50 years.
Question 3 : The diagram below shows the life cycle of a salmon, from egg to adult fish.
Paraphrase : The diagram illustrates the stages in the life of the salmon, from birth to maturity.
Question 4 : The first chart below gives information about the money spent by British parents on their children's sports between 2008 and 2014. The second chart shows the number of children who participated in three sports in Britain over the same time period.
Paraphrase : The line graphs show the average monthly amount that parents in Britain spent on their children's sporting activities and the number of British children who took part in three different sports from 2008 to 2014.
2. OVERVIEW
Overview adalah rangkuman umum poin-poin utama grafik yang sebaiknya diletakkan di awal sebelum masuk ke Detail Paragraphs.
How to write a good overview:
~ Selalu usahakan menulis dua kalimat untuk mendeskripsikan dua poin utama suatu grafik, chart atau diagram.
~ Jika grafik menunjukkan periode waktu, cari perubahan keseluruhan dari awal hingga akhir periode.
Jika grafik tidak menunjukkan periode waktu, cari perbedaan dan persamaan antar items.
~ Jangan masukkan angka-angka ke dalam overview, simpan angka tersebut untuk detail paragraphs.
~ Awali overview dengan frasa sederhana yang menunjukkan pada penguji bahwa ini adalah paragraf rangkuman. Contoh: It is clear that..., It is noticeable that..., Overall we can see that...
~ Jika ada 2 chart berbeda, tulis satu kalimat overview untuk masing-masing chart.
Jika ada lebih dari 2 chart, cari 2 poin utama yang menghubungkan semua chart secara keseluruhan.
~ Jika diminta untuk mendeskripsikan perbandingan diagram atau peta, sebutkan perbedaan-perbedaan dan persamaan-persamaan utama.
~ Jika diminta untuk mendeskripsikan process diagram, sebutkan jumlah tingkatan proses dan di mana atau bagaimana prosesnya mulai dan berakhir.
3. DETAIL PARAGRAPHS
Tips umum:
~ Usahakan menulis 2 paragraf untuk mengelompokan informasi dan agar laporan lebih terorganisir dan koheren.
~ Jangan mendeskripsikan items secara terpisah, usahakan untuk selalu membuat perbandingan jika memungkinkan.
~ Jangan mendeskripsikan SETIAP item dalam chart kecuali memang hanya ada sedikit angka. Kemampuan penting dalam Writing Task 1 adalah memilah informasi kunci dan mendeskripsikan atau membandingkan dengan baik.
~ Gunakan past simple untuk tahun yang sudah lewat (e.g. increased, fell) dan 'will' atau 'is expected/predicted to' untuk tahun yang akan datang.
~ Jangan gunakan passive (the number was increased), continuous (the number was increasing), atau perfect tense (the number has increased).
Tips untuk line graph dan table:
~ Mulai deskripsi dari permulaan pada tahun pertama dan bandingkan angka-angka pada tahun tersebut. Lalu pilih poin menarik menuju ke tengah grafik dan bandingkan angka-angka pada poin tersebut.
~ ATAU : Rangkum tren pada setengah bagian awal grafik lalu rangkum sisa bagian akhir dalam paragraf baru.
~ Tutup laporan pada tahun terakhir dan bandingkan angka-angka pada tahun tersebut.
Tips untuk process diagram:
~ Deskripsikan proses langkah per langkah, termasuk tingkatan proses pertama dan terakhir yang telah disebutkan dalam overview, usahakan untuk menjelaskan lebih detail atau dengan cara yang berbeda.
~ Bagi deskripsi menjadi 2 bagian agar lebih terorganisir, mulai paragraf kedua dengan bahasan dari tengah-tengah bagian proses.
~ Sebutkan tiap tahapan dalam proses.
~ Gunakan bahasa berkelanjutan e.g. at the first / second / following / final stage of the process, next, after that, then, finally etc.
~ Biasanya process diagram tidak menunjukkan waktu, jadi gunakanlah present simple tense.
~ Biasanya lebih baik menggunakan passive e.g. 'At the final stage, the product is delivered to shops' (because we don't need to know who delivered the product).
Other Tips:
Contoh paraphrasing :
- shows = illustrates (or 'compares' if the graph is comparing)
- graph = line graph
- chart = bar chart/pie chart
- the number of = the figure for
- proportion = percentage
- the proportion of = the figure for
- information = data
- increased = rose / saw an increase / there was a rise
Contoh collocations (groups of words that often go together) :
- amount of time - reached a peak
- the time spent on - the figure for
- in terms of - the rise in
- throughout the period - remained relatively stable
- the period shown - increased steadily
- a dramatic increase in
DON'TS
~ Jangan membuat urutan ranking untuk grafik atau chart seolah sedang menggambarkan kompetisi:
Contoh :
Jangan tulis : 'Theme parks were first.'
Tulislah : 'Theme parks were the most popular type of tourist attraction.'
~ Jangan khawatir dengan grammar, fokus pada respon terhadap pertanyaan, koherensi dan akurasi.
~ Dalam Introduction, jangan menyalin soal, melainkan tulis kembali dengan kata-kata yang berbeda (paraphrase).
~ Jangan menulis kesimpulan. Kesimpulan (conclusion) adalah pertimbangan, keputusan atau opini final, yang ditulis di akhir karya tulis berupa analisis atau pendapat. Sementara Writing Task 1 meminta peserta ujian untuk menulis deskripsi, sehingga Overview lebih sesuai untuk merangkum poin-poin utama sebelum menuliskan data rinci dalam Detail Paragraphs.
~ Jangan gunakan kosa kata yang terkesan 'advanced English' untuk membuat penguji terkesima dan memberi nilai tinggi, padahal mungkin saja kata tersebut bahkan tidak lazim digunakan oleh native speakers untuk menjawab pertanyaan terkait.
Time Management :
~ 5 menit pertama : Baca pertanyaan, pastikan sudah memahami chart, tulis Introduction dengan cara paraphrasing.
~ 5 menit kedua : Lihat chart dan cari 2 poin utama, tulis 2 kalimat rangkuman.
~ 10 menit terakhir : Deskripsikan rincian spesifik. Usahakan membagi menjadi 2 paragraf agar terlihat lebih terorganisir, habiskan 5 menit untuk masing-masing paragraf.
Metode Belajar :
~ Print kumpulan soal yang mencakup semua jenis soal (line graph, bar chart, pie chart, table, 2 chart berbeda, 3 atau lebih chart yang sama, process diagram, perbandingan diagram, life cycle, map). Pastikan sumbernya dari Cambridge IELTS atau Official IELTS Practice Materials atau IELTS.org.
~ Coba latihan untuk masing-masing bagian : Introduction, Overview, Detail Paragraphs.
Setelah itu barulah latihan menulis full report.
~ Gunakan contoh jawaban dalam ielts-simon.com dan usahakan untuk menulis sesuai dengan gaya menulis Simon.
PS: Saya mengira jenis soal seperti grafik, chart dan table lebih sering keluar di ujian, dan karenanya saya mengatur porsi latihan lebih banyak untuk jenis soal seperti ini. Celakanya soal ujian yang saya dapat justru adalah map dan diminta untuk membandingkan perbedaan map suatu lokasi dalam rentang waktu sekian tahun. Alhasil performa saya kurang bagus dan hanya bisa dapat band 7. Jadi sebaiknya alokasikan waktu dan jumlah soal latihan yang sama untuk semua jenis soal karena kita tidak akan bisa memprediksi jenis soal mana yang akan kita dapat untuk Writing Task 1.
Comments