The Judgement Day...

SIDANG. Itulah highlight hidup saya tahun ini. Dan hari penghakiman itu jatuh pada hari Jumat lalu, tanggal 29 Juli 2011. Sebenarnya setelah kumpul soft cover, hati saya kebat-kebit ga karuan gara-gara menanti sidang. Setelah jadwal sidang diumumkan hari Senin, makin jiperlah saya. Apalagi pas mendalami skripsi, saya baru nyadar ada beberapa ketidaksesuaian. Misalnya, ada quote yang saya pake tapi bukunya malah ga dimasukin ke Daftar Pustaka, malah ada quote yang ga dipake tapi bukunya malah dimasukin ke Daftar Pustaka. Ada juga kesalahan translate yang bikin panik, di naskah asli cuma 1 kalimat, tapi pas masukin ke skripsi malah beranakpinak jadi 2 kalimat. Emang sih ini semua bisa direvisi setelah selesai sidang. Tapi yang bikin saya khawatir adalah ada yang bilang bahwa kemungkinan dosen penguji bakal ngecek semua Daftar Pustaka kita untuk mencegah kecurangan coz ada kasus di mana demi memenuhi syarat minimal 15 buku, buku yang ga dipake pun ikut dimasukin.

Dan di atas semua itu, mungkin karena jiper, saya sebenarnya ga terlalu pede dengan skripsi saya (Just for a reminder, judul skripsi saya adalah KEADAAN MASYARAKAT ZAMAN DINASTI YUAN BERDASARKAN DOU E YUAN, bisa dicek blog sebelumnya di sini).  Saya bener-bener khawatir bakalan gagal. Apalagi pas denger bocoran salah satu dosen penguji adalah masternya bidang literatur, which is topik skripsi saya. Waduuuhhh....
Saya bener-bener pasrah dengan Yang di Atas. Doa-doa pun dipanjatkan (ketauan dhe doanya cuman pas kebelet doank.. hehehe). Of course, sebagai manusia biasa saya pasti pengen segalanya sesuai keinginan saya. Tapi saya juga sadar Tuhanlah yang  in charge di sini. Jadi saya cuma mohon supaya saya diberi kelapangdadaan untuk menerima apapun yang terjadi, bahkan gagal sekalipun. Dan entah kenapa, pada H min 1 itu saya merasa tenang dan pasrah banget.

Finally, tibalah hari H. Anyway, sidang saya bersifat terbuka untuk semua mahasiswa gara-gara saya kira temen saya, Maya, juga sidang terbuka, jadi saya pikir saya juga sekalian sidang terbuka aja supaya temen-temen ga repot-repot dateng hanya untuk nonton satu sidang. Eh, ternyata oh ternyata, partner Maya, Kukum, ga mau sidang terbuka. Alhasil, hari itu cuma saya yang sidang terbuka. Kesannya over pede dan sombong banget ga seh...??? Sebenarnya untung juga sih kalo ada yang nonton, jadi suasana sidang ga terlalu creepy dan mata saya bisa jelalatan pas presentasi. Minimal ngurangin grogi lah.

Biasanya untuk hal-hal besar seperti ini saya selalu dapet feeling, entah itu kedutan di mata ato perasaan yang good or bad. Tapi kali ini saya totally clueless, cuma bisa goin' with the flow.

Sekitar jam 9, setelah ngaret 1 jam, sidang dimulai dan saya dapet giliran pertama. Temen-temen yang nonton duduk di belakang penguji 1 dan 2 (selanjutnya disebut P1 dan P2). Saya mulai presentasi dan sohib saya Desy jadi asisten saya buat mencet-mencet komputer. Jantung saya kaya abis sprint, dag dig dug kenceng banget sampe saya curiga jangan-jangan orang-orang bisa ngeliat dada saya berdenyut-denyut saking hebohnya tuh detak jantung. I know this is ridiculous. Dosen penguji emang cuma manusia biasa dan ga mungkin gigit saya, tapi tetep aja, ini sidang boooo....

Pas presentasi, entah kenapa lancar-lancar aja. P1 lebih banyak buka-buka soft cover sementara P2 lebih menyimak presentasi saya yang anehnya malah bikin saya lebih nyaman waktu terlibat eye contact dengan beliau. Jantung saya jadi agak kalem, walaupun kembali berdetak brutal waktu selesai presentasi saya disuruh duduk berhadapan dengan P1 dan P2.

Saya kira P1 akan lebih banyak nanya coz anak-anak pada bilang beliau killer, eh ternyata malah P2 yang nanya duluan dan itupun dibuka dengan kalimat yang bikin saya shock : "你的论文基本上很好..." yang artinya "Skripsi kamu pada dasarnya bagus..." What..??! Ga salah denger nih..? Pujiannya ga bikin saya melayang ato terharu ato bahkan lebih rileks sih, tapi tetep aja, masa belom mulai nanya udah dipuji. Siapa yang ga kaget?

Kebanyakan pertanyaan seputar analisis saya. Yang bikin heran adalah pertanyaan penguji ga terkesan menjatuhkan ato mencari kesalahan, tapi lebih ke sharing pendapat. Malah sempet menurut mereka jawaban saya salah dan saya berusaha menjelaskan. Terus P2 menggunakan perumpamaan lain dan akhirnya saya harus mengakui memang saya yang salah. Udah... githu aja... mereka ga merasa ini jadi masalah yang mempengaruhi nilai. Padahal saya sempet mengira kesalahan saya itu cukup signifikan.

Di akhir sidang, kedua penguji keliatan cukup puas. Saya sendiri masih ngambang, kaya lagi bertanya-tanya : "Udah nih? Beneran udah? Jadi ini yang namanya sidang? Trus, koq saya bisa jawab semua pertanyaan..?" Temen-temen yang nonton langsung nyamperin dan kasih selamat, mereka yakin banget saya dapet A dan mulai manggil Jovanny, S.S. Sumpah saya masih ngambang ga tau mau ngomong apa, cuma ketawa aja. Dalam hati sih agak lega coz sepertinya saya ga pelu sidang ulang (untung dosen penguji ga ngecek Daftar Pustaka... hahaha... ).

Setelah keluar dari ruang sidang, kedua penguji juga keluar entah mau ngapain dan secara mengejutkan, P1 mengatakan kalimat berikut ini sambil lalu  : "Jovanny 写的论文很不错, sampe bingung mau nanya apa." yang artinya : "Jovanny nulis skripsinya cukup bagus, sampe bingung mau nanya apa." Buseetttt.... Mulut saya menganga ga tau mau ngomong apa. Bener-bener di luar dugaan. Temen-temen saya makin yakin saya dapet A, walaupun bagi saya nilai A hanyalah bonus, sementara lulus sidang adalah jackpot.

Dan bener aja, setelah selesai sidang dan nilai diumumkan, saya dapet A. Maya dan Kukum yang tadinya ngerasa ga pede juga dapet A. Kukum sampe ga percaya dan nanya lagi ke P1 apa mereka ga salah denger neh..? Hahaha...

Hari itu saya lega banget (walaupun ga sampe pengen party ol nite long sih.. hehhehee), seolah ada portal tak terlihat yang terbuka untuk saya dan saya bisa melaju ke mana pun saya mau. It's a huge miracle, ini adalah berkah Tuhan. Meskipun demikian, dari 10 peserta sidang, ada 3 orang yang harus mengulang. Semoga mereka mendapat kelancaran karena kami semua yang sidang hari itu menjalani sidang lebih awal coz akan lanjut studi ke Cina. Yup, saya mendaftar S2 di Fujian Normal University, tempat Amanda, sohib blogger saya belajar selama 3 bulan di pertengahan semester ini. Iya, dia dan partner skripsinya, Non, emang nekat. Dan yang bikin iri adalah, dalam waktu sebulan lebih dikit mereka bisa nyelesaiin skripsi dan lulus dengan nilai B... Luarrr biasaaa...

Hari Jumat dan Sabtu ini sebagian temen saya menghadapi sidang. Lagi-lagi ada berita buruk, yaitu ada tiga kelompok, yang berarti 6 orang, harus sidang ulang. Di antaranya adalah sohibnya Amanda, dan penggemar blog saya, Ching dan J Francois... Semua orang tau, bahkan mahasiswa jurusan sastra lain pun mengakui, ralat : bahkan dosen jurusan lain pun mengakui betapa sulitnya sidang di jurusan Sastra Cina Binus University. Jadi bukanlah sesuatu yang mengejutkan kalo ada banyak mahasiswa yang harus ngulang. Kalo ditanya pendapat saya, ini semua tergantung nasib, saya termasuk beruntung karena kedua dosen penguji memahami pandangan saya dan setuju dengan hasil analisis saya. Dan hal inilah yang tidak terjadi pada temen-temen saya itu. Padahal sebagian besar di antara mereka memiliki IPK yang WOW. Dan saya juga yakin Tuhan hanya memberikan cobaan bagi orang-orang yang Ia tahu sanggup menerima tantangan ini, which means, temen-temen saya itu adalah orang-orang yang tough (dan saya ngga.. hehehe... it's true, though). Luka yang mereka rasakan pun dapat saya rasakan dan saya sungguh berharap hari itu segera tiba, hari di mana saya bisa turut merayakan kebahagiaan saya yang sampe saat ini masih tertahan karena hasil sidang mereka. God bless you, my frenz...

Anyway, mudah-mudahan sidang-sidang berikutnya dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan kabar baik coz masih banyak hopeng-hopeng saya yang belum sidang neh. Saya juga berharap aplikasi untuk studi ke Cina cepet beresss... 加油..!

PS:
Special thankz untuk dosen pembimbing Fu Ruomei老师, dosen seminar progres Ma Feng老师, dosen penguji 1 dan 2 Cen Cen 老师 dan Xue Lin老师, dan dosen yang direpotkan masalah sidang dan aplikasi S2 Lin Tingting老师, serta teman-teman binusian dan non binusian yang telah memberikan bantuan dan dukungan dalam masa penulisan maupun dalam menghadapi sidang. I love you full....

Comments

Erlina said…
Jo... sumpe jo wktu ntn u sidang tu gw smp terperangah ngeliat lo ngoceh2 gt..kagum jo gw..salut..dr pas u present aja gw uda ykn u pst bklan dpt A!ga tau d nsb gw gmn,soalny hoki2an jg neh lulus..soalny uda ada bbrp cnth tmn yg pntr aja bs gagal..apalg gw gt??hmmm....gw psrh aja d..congrats ya jooo...^^ iktan hepi wkt u sls sidang gt..berasa nyiprat gt..ahhahah....
jojoooo.. finnnaalllyyyyy yaaahhh. menulis blog ini. .ahahhahaha,, congratss yaa joo..menurut gw lo emg TOP BGT!!!! menurut gw, lo ga gugup sama skali pas presentasiiiii,, lo menjawab smua pertanyaan dgn baik, lo emg layak dan pantas dpt A!!! ihiiihihihiih..

smoga aplikasi beasiswa s2 mu lancaarrr..hihhihihih.. aminnn.. sukses terusss jojooo. mantaaabb!!!!!! hihiihhi
@erlina : gd luck 4 ur judgement day yaph... hihihi

@ mancee : hahaha... i'll consider it as a compliment yaw.. walopun teteup masih berasa ngambang.. hehehe.. tengkyuuu

Popular posts from this blog

Contoh Soal dan Essay IELTS Writing Task 2

IELTS Writing Task 2

Romantic Doctor, Teacher Kim - Classy Korean Drama

Study in Fuzhou - Fujian Normal University

IELTS Writing Task 1

Penipuan Derawan Trip oleh @derawan_island

Travel in China : Shanghai 上海 - Hangzhou 杭州

Travel in China : Xi'an 西安 - Huaqing Pool & Terracotta Warriors

Coincidence...?

Eng ing eng.....