相当记着,你准备好了吗 ?

Hari Selasa tanggal 15 Maret 2011 Jurusan Sastra China mengadakan seminar yang bertemakan "相当记着,你准备好了吗 ?" yang kudu, wajib, harus dihadiri oleh mahasiswa semester 6 dan 8. Pembicaranya adalah reporter Xing Zhou Ri Bao yang juga mengajar di Binus, yaitu Huang Laoshi. Beliau masih muda dan kocak banget. Rasanya seperti mengikuti seminar melawak. Saya sampe bingung masih ada aja mahasiswa yang ketiduran dalam hall lantai 4 itu.

Anyway, menurut saya acara seminar ini lebih kepada sharing. Huang Laoshi berbagi cerita mengenai keadaan koran berbahasa Cina di Indonesia, bagaimana ancaman sedikitnya pembaca dapat membuat kantor berita gulung tikar, dan juga kisah-kisah menarik, tak terlupakan dan menyedihkan yang didapat selama menjadi reporter. Semuanya diceritakan dengan diselingi gurauan sehingga seminar berjalan jauh dari membosankan.

Kisah yang paling menarik bagi saya adalah kisah menyedihkan tokoh (saya lupa namanya, tapi marganya Peng) kelahiran Pontianak yang meminjam nama temannya untuk mengikuti ujian menjadi pilot tempur di zaman penjajahan Jepang. Beliau sejak muda sudah lari ke Cina dan belum berbakti kepada orangtua. Seumur hidup Peng Xiansheng jarang sekali kembali ke Indonesia, dan kali itu ia kembali, Huang laoshi mewawancarainya. Bahkan sempat mengabadikan foto tokoh tersebut di depan makamnya sendiri di samping makam orangtuanya sebagai wujud baktinya. Beliau ingin setelah meninggal dikuburkan di makam itu. Ironisnya, Huang Laoshi tidak menyadari bahwa wawancara tersebut adalah pertemuan terakhirnya dengan tokoh itu karena tahun berikutnya ia mendapat kabar bahwa Peng Xiansheng telah meninggal dunia.

Di akhir acara, seperti yang sudah diberitahukan oleh Huang Laoshi, beliau mengadakan kuis (buseet dhe seminar pun ada kuis...) yang berhadiahkan suvenir dari luar negeri seperti gantungan kunci dari Malaysia, bookmark, gantungan kunci dari Shanghai Expo, dan yang paling mahal adalah suvenir dari taiwan yang katanya sih paling mahal di antara yang lain yaitu sekitar Rp 50 000. Tergiur dengan hadiah, of course anak-anak jadi pada semangat pengen jawab. Kita disuruh menentukan huruf mana yang salah dan pembetulannya. Banyak banget peribahasa dan ungkapan Bahasa Cina yang kami lupa sehingga rasanya ngeselin juga yah, padahal jelas-jelas udah pernah dipelajarin tapi tiba-tiba lupa aja gitu kaya amnesia.

Huang Laoshi and me
Hoki bukan sembarang hoki, sampai di pertanyaan mengenai 姿试, saya inget pelajaran Etika Bisnis dan saya tahu yang salah adalah huruf kedua, yaitu shi. Saya langsung angkat tangan sambil loncat-loncat pengen jawab, ya ngga segitunya lah yah... Masalahnya adalah pas saya jawab huruf yang sebenarnya dimulai dengan radikal tangan, tampang Huang Laoshi kaya ragu gitu dan dessss, saya langsung nge-blank. Temen-temen saya yang diujung bantu saya dengan bilang radikal bahasa, saya jadi bingung huruf apaan tuh. Belakangan saya baru nyadar kalau yang mereka maksud adalah radikal bahasanya dibuang. Tapi maksud saya bukan huruf itu. Dan tiba-tiba, desssss, saya inget radikal bawahnya adalah li. Saya tanya Vien dan Irene dan mereka membenarkan dan akhirnya saya berhasil mengutarakan (bukan menselatankan ya..) huruf yang saya maksud, yaitu 姿势. Fiuhhh, untung inget, coba kalo ga, duh malunya... Bahkan Xu Laoshi pun tahu saya sempet lupa... hehehe, gapapa dhe, wong Fu Laoshi aja bilang saya cukup bagus bisa jawab.. hyehehehehehe..(Mak Lampir mode on..)

Mau tahu suvenir yang saya pilih...? Hmm, kasih taw ga yah...? Karena saya baik hati dan tidak sombong, saya kasih taw dhe... hehehe.. Saya pilih bookmark yang terdiri dari 5 bookmark warna-warni berbentuk botol susu. Saya ambil yang warna ijo dan sisanya dibagi ke Vien, Irene, Jessy dan Ciska sebagai ungkapan terima kasih saya karena dengan melihat wajah mereka yang keriting seperti huruf Mandarin lah yang membuat saya bisa menjawab. Hahahaha....

Comments

vieennn said…
wajah keriting.. emang g mie.. hahahaha..
yume said…
wooooow, si Mrs. jojox lgsg apdet ya~ ya emang seminar tak terlupaka, >.< cukup berkesan bagi g rpibadi yg sdh angkatan tuir ni, hehehe
franciska said…
widihh..
muka g kriting..
haha
:))

eh jo,anda slh tulis ntu.. yg mksd kn 势.. hihi.. :D
ching said…
ih bookmarknya lucuuuuuuuuuu

nih huang lao shi mang pinter ya seru seminarnya >.<
jojox said…
@vien: mending keriting mie drpd keriting yang laen... nah lo
@yume: emank qt smwa ud tuir yume, makanya ayo berjuang untuk lulus tpt wkt...
@cis: bener koq cis, yg soal kan emank salah toh..
@ching: bkn hanya bookmark yg lucu, tp akiu jg lucu dan imoet.. wkwkwk

thx ol 4 d comment.. cup cup

Popular posts from this blog

Study in Fuzhou - Fujian Normal University

IELTS Writing Task 1

Contoh Soal dan Essay IELTS Writing Task 2

IELTS Writing Task 2

Travel in China : Shanghai 上海 - Hangzhou 杭州

Romantic Doctor, Teacher Kim - Classy Korean Drama

Maling Jemuran

Travel in China : Xi'an 西安 - Huaqing Pool & Terracotta Warriors

Berlatih IELTS Secara Otodidak

Pancoran Membawa Petaka atau Saya yang Sedang Sial...?