New Life


Udah lebih dari sebulan saya di Fuzhou nih. Dari yang tadinya buta sama sekali dengan kondisi di sini, sekarang malah jadi tour guide dadakan untuk murid lain. Rasanya ga afdol kalo ga cerita tentang kehidupan basic saya di sini. So, untuk blog kali ini saya bakal cerita mengenai kelas, asrama, dan teman-teman di Fujian Normal University.

First, di semester pertama kelas Master Degree ini ada 4 pelajaran: 高级汉语,中华文化与传播专题,汉语语言学与汉语本体教学 dan 汉语技能教学. 汉语语言学与汉语本体教学 dibagi menjadi 4 mata kuliah:语音,汉字,词汇,语法. 汉语技能教学 juga dibagi menjadi 4 mata kuliah:听力,口语,阅读,写作. Celakanya di kelas ini kita udah ga bisa males-malesan dan SKS (Sistem Kejar Semalam) kaya dulu waktu masih di S1. Kalo kita ga preview dan review tiap hari, dijamin kita ga bakal bisa ngikutin dengan baik. Yang menakjubkan adalah mindset kita perlahan-lahan berubah bukan lagi sebagai murid, tapi sebagai bakal guru. Kita pun dibiasakan untuk menganalisis alih-alih menerima mentah-mentah apa yang dosen bilang. Well, at least itu yang saya rasain sih. Ditambah lagi dosen yang mengajar S2 kebanyakan udah S3, jadi rasanya banyak banget pengetahuan yang kita dapet. Di antara semua dosen yang mengajar, yang paling nempel di otak saya ada 2, dosen 高级汉语 dan 中华文化与传播专题. Dosen yang pertama udah kaya wali kelas kita karena dia ngajar mtk yang paling banyak kreditnya. Tiap kali kuliah dia selalu encourage kita untuk menjadi gila mandarin, of course dalam arti positif yah. Dia bilang dia akan berhenti ngocehin kita kalo dia udah liat perubahan signifikan dalam skill kita. Dosen yang kedua baru lulus S3, bagi saya dia adalah dosen cewe yang kaya buku berjalan. Isi otaknya penuh segala sesuatu yang berbau kebudayaan Cina padahal dia masih muda boooo... Kagum banget, moga someday saya juga bisa kaya dia.


Di kelas saya total ada 17 orang (tadinya ada 16 orang, tapi sekarang ditambah pindahan dari kelas S2 tiga tahun beasiswa dari pemerintah). Paling banyak adalah murid dari Indo dan Vietnam, masing-masing 7orang, 1 dari Thailand, 1 dari Turki, 1 dari Mongol. Kebanyakan baru lulus S1 dan langsung lanjut S2. Tujuh orang Vietnam itu including 3 orang bikhuni. Tujuh orang Indo terdiri dari 4 lulusan Binus, 2 lulusan FNU program 2+2, 1 lulusan UI. Ga banyak yang bisa saya ceritain dari kelas ini karena pada dasarnya kita lebih deket dengan teman-teman senegara dan jarang hang out bareng.

Asrama kita letaknya tepat di seberang kampus lama tempat kita kuliah, jadi kita cuma nyebrang aja. Nama gedungnya 吕振万楼 Lvzhenwan Lou, ada 7 lantai dan mirip kaya hotel. Masing-masing kamar ada yang 1 orang dan 2 orang. Murid yang kuliah setahun ato dua tahun kebagian di gedung ini. Untuk murid yang ngambil S2 kebagian gedung belakang yang namanya 专家楼 Zhuanjia Lou. Gedung 6 lantai ini ga ada lift dan mirip apartemen. Satu apartemen ada 3 kamar: 2 kamar untuk 2 orang, 1 kamar untuk 1 orang, total 5 orang. Ada ruang tamu sekaligus ruang makan, kamar mandi, dapur, tempat cuci baju, fasilitas tv, ac, air panas. Overall, i like my dorm.

Di International College of Chinese Studies FNU ini ada banyak orang asing yang belajar Bahasa Cina setahun atau dua tahun. Mereka dibagi ke dalam kelas 1 sampai 7 sesuai hasil HSK mereka (HSK=TOEFLnya Bahasa Cina). Ada juga program 3+1 dari Xinya College di Jakarta, mereka masuk ke kelas 7. Kebanyakan orang yang saya kenal adalah sesama orang asing, bukan orang Cina. Jadi bisa sekalian melatih Bahasa Inggris saya yang mulai karatan. Sekarang ini sih saya lebih sering main bareng 6 murid dari Filipin yang belajar setaon di sini sebagai second major mereka dan beberapa orang Uzbekistan. Kita beberapa kali ngadain party di salah satu kamar untuk ngerayain ultah. Jadwal party berikutnya adalah ultah Yahs, anak Filipin, minggu depan, hehehe...Sering juga have a little chat bareng beberapa American dan Europian, for example Kai dan Owen dari USA plus Tom dari UK.

Kebetulan di dorm ada ruangan yang namanya 活动中心 Huodong Zhongxin, tempat olahraga indoor dengan fasilitas tenis meja, 2 treadmill, sepeda, sit up, billiard. Kita sering maen di situ sore-sore, sometimes maen basket or badminton dengan modal sendiri di lapangan antara gedung depan dan belakang. Lumayan buat ngilangin kesumpekan di kamar. Tempat favorit saya adalah bangku taman di samping 活动中心 Huodong Zhongxin. Sayangnya waktu itu bangkunya baru dibetulin dan diplitur, celana dan baju kesayangan saya jadi korban deh. Huhuhuu..

Anyway, i couldn't say this is the best place to stay in China, tapi bagi saya, tempat ini bakalan jadi sejarah hidup saya. Satu bulan lalu saya memulai kehidupan baru di sini dan selama 2 tahun ke depan saya akan melaui banyak hal yang unpredictable yet amazing. I just hope i could be better day by day, whether it's my personality or my education.

专家楼Zhuanjia Lou
 
活动中心Huodong Zhongxin




Comments

itu poto yg terakhir meja ping pong kan jo?

Popular posts from this blog

Study in Fuzhou - Fujian Normal University

IELTS Writing Task 1

Contoh Soal dan Essay IELTS Writing Task 2

IELTS Writing Task 2

Travel in China : Shanghai 上海 - Hangzhou 杭州

Romantic Doctor, Teacher Kim - Classy Korean Drama

Maling Jemuran

Travel in China : Xi'an 西安 - Huaqing Pool & Terracotta Warriors

Berlatih IELTS Secara Otodidak

Pancoran Membawa Petaka atau Saya yang Sedang Sial...?