Being Captivated (Finally..)

Entah kenapa, meskipun saya kuliah Sastra Mandarin dan sekarang nerusin S2 di bidang yang sama, tapi saya sama sekali ga tertarik dengan lagu-lagu maupun film-film Cina. I'm more into Hollywood and Bollywood. Yup, ga salah baca koq, saya emang penikmat lagu dan film berbahasa Inggris dan India. Saya tahu dengerin lagu-lagu ato nonton film-film Cina bakal ngebantu banget untuk kualitas bahasa Cina saya. Tapi sumpah, saya udah berkali-kali coba tapi tetep aja ga suka, rasanya malah jadi beban. Untuk nerusin denger ato nonton sampe akhir penuh perjuangan banget.

Suatu kali saya ikut mantan saya dan temen-temen Cinanya pergi karaoke. Mantan saya itu tahu beberapa lagu Cina dan nyaranin saya untuk belajar beberapa lagu Cina juga. Saya yang emang ga tertarik ga bikin persiapan sama sekali dan karena buta lagu-lagu Cina, saya jadi ga bisa karaoke bareng temen-temen Cinanya. Ditambah lagi biasanya saya dan temen-temen karaoke lagu-lagu Inggris yang up beat sambil joged-joged, sementara orang-orang Cina itu malah cool abis cuma duduk nonton pas kita joged. Aduuhhh,,, garing abisss... krik.. krik..

Di akhir semester lalu saya sempet ikut sebuah seminar yang dibawakan oleh seorang profesor dari salah satu universitas di Shanghai. Beliau cerita bahwa di univnya dia memberikan syarat untuk para mahasiswanya menghapalkan beberapa sastra klasik dan minimal 20 lagu Cina. Saya pun termotivasi untuk nyoba dengerin lagi dengan alasan: 1) Yang ngasih syarat adalah seorang profesor unversitas ternama di Shanghai, jadi ga mungkin beliau sembarangan ngasih syarat kan..; 2) Memperdengarkan lagu Cina kepada murid-murid bisa memotivasi mereka untuk lebih tertarik belajar Bahasa Cina (maksudnya nanti pas saya jadi guru). Tapi lagi-lagi, yang terjadi adalah saya download beberapa lagu yang saya pernah denger, dengerin sekali, and that's it. Ga sanggup untuk dengerin ulang, apalagi ngapalin. Saya sempet cerita tentang tekad saya ini ke mantan saya itu dan beberapa waktu kemudian dia tanya saya udah hapal berapa lagu. Duh malunya saya jawab belom apal sama sekali.. hehehe...

Sesuai pepatah Yunani, "kalo emang jodoh ga bakal ke mana" (ngarang.com), akhirnya jodoh itu datang juga. Loh..? Maksudnya akhirnya saya bisa terpesona juga dengan lagu Cina. Ini terjadi pas saya naik bus hari Rabu minggu lalu menuju Baolong, sebuah mal yang di dalamnya ada Carrefour. Di dalam bus ada TV yang khusus disiarkan stasiun TV bus di Fuzhou. Nah, waktu itu kebetulan ditayangin video clip lagu-lagu Cina. Ada dua lagu yang nempel di otak saya saat itu. Dua-duanya samar-samar pernah saya denger entah di mana dan anehnya saat itu saya bener-bener terbuai dengan lagunya. Terutama lagu kedua yang berjudul 《没那么简单》. Suara penyanyi perempuannya powerful dan liriknya make sense. Yah mungkin juga karena liriknya sesuai suasana hati saya sekarang-sekarang ini. Hehehe.. Anyway,  karena saya tahu nama penyanyi lagu yang pertama, Wang Lee Hom, dan saya inget lirik lagu yang kedua, jadi ga sulit untuk nyari lagu-lagu itu pas mau download. Selajutnya, saya download lagu-lagu lainnya dari penyanyi yang sama. Saya udah dengerin lagu-lagu itu sekali dan mudah-mudahan sih setelah ini saya akhirnya bisa menghapal beberapa di antaranya.

Kalo soal film Cina, saya masih harap-harap cemas. Di Cina, saya biasa nonton pake software Fengxing. Suatu saat sekitar Imlek, di Fengxing marak film berjudul 《票2012》. Ternyata itu adalah film pendek mengenai pulang kampung menjenguk orangtua di hari Imlek. Pas saya nonton film itu, temen sekamar saya, Peipei, komentar,"Tumben nonton film Cina." Hahaha... saat itu saya baru nyadar saya ga pernah nonton film Cina walaupun saya pake software Cina dan sedang berada di Cina. Yah, kita tunggu aja deh perkembangan selanjutnya. Hehehe...

Comments

Popular posts from this blog

IELTS Writing Task 1

Study in Fuzhou - Fujian Normal University

Contoh Soal dan Essay IELTS Writing Task 2

IELTS Writing Task 2

Travel in China : Shanghai 上海 - Hangzhou 杭州

Romantic Doctor, Teacher Kim - Classy Korean Drama

Maling Jemuran

Penipuan Derawan Trip oleh @derawan_island

Travel in China : Xiamen 厦门

Berlatih IELTS Secara Otodidak