Kawinan Betawi

Biasanya, saya melihat prosesi pernikahan adat Betawi  hanya melalui televisi. Tapi kali ini saya melihatnya langsung, on the spot, tepat di depan rumah saya. Yang menikah adalah teman kecil saya yang kebetulan berdarah Betawi. Jarang sekali diadakan pernikahan adat Betawi, apalagi dibumbui silat dan marawis (kalo menurut Suleh OVJ sih namanya begitu, sekumpulan orang memainkan alat musik pukul dengan lagu seputaran religi muslim yang ternyata cocok dengan telinga saya ketimbang lagu dangdut yang biasa diperdengarkan).

Yang menarik adalah prosesi pertama ketika barang hantaran dibawa dan diadakan pertunjukan silat. Benar-benar meriah. Yang lebih unik adalah di ujung umbul-umbul warna-warni terdapat uang seribuan yang langsung diperebutkan anak-anak usai acara.

Yang paling membuat saya merasa pernikahan ini istimewa adalah tidak terkesan norak dengan dangdutan semalam suntuk dan suaranya yang memekakkan telinga. Lagu-lagunya dibawakan oleh kelompok tabuh yang tadi saya sebutkan dan malamnya volume suara diturunkan dan lagunya pun seputaran band remaja masa kini. Meskipun saya sempat jengkel juga waktu mendengar kaset Rhoma Irama diperdengarkan seolah itu lagu wajib kondangan. Tapi untung hanya beberapa lagu saja. Mungkin penyanyi bandnya sedang check sound saat itu.

Overall acaranya meriah dan berjalan sukses walaupun saya tidak sempat datang dan mencicipi hidangan yang menurut mama saya muantaaaph.

Comments

Popular posts from this blog

IELTS Writing Task 1

Study in Fuzhou - Fujian Normal University

Contoh Soal dan Essay IELTS Writing Task 2

IELTS Writing Task 2

Travel in China : Shanghai 上海 - Hangzhou 杭州

Romantic Doctor, Teacher Kim - Classy Korean Drama

Maling Jemuran

Penipuan Derawan Trip oleh @derawan_island

Travel in China : Xiamen 厦门

Berlatih IELTS Secara Otodidak